3 Pembuat Tema WordPress Terbaik 2021

3 Pembuat Tema WordPress Terbaik 2021, Dengan pembuat tema, Anda dapat mendesain situs web responsif menggunakan drag-and-drop. Ini adalah solusi yang bagus jika Anda tidak dapat menemukan tema off-the-rack yang Anda sukai, atau jika Anda hanya menginginkan lebih banyak fleksibilitas untuk membangun situs Anda atau klien Anda.

Anda beruntung karena ruang pembuat tema WordPress baru-baru ini mengalami beberapa peningkatan pesat, sebagian berkat persaingan dari beberapa plugin pembuat halaman paling populer di dunia . Di mana beberapa tahun yang lalu Anda hanya memiliki beberapa opsi yang layak, Anda sekarang dimanjakan dengan pilihan ketika datang ke pembuat tema berkualitas tinggi.

Dalam posting ini, kita akan melihat enam opsi terbaik. Semua alat ini memungkinkan Anda menggunakan antarmuka visual, drag-and-drop untuk menyesuaikan tema Anda sepenuhnya. Beberapa adalah pembuat tema khusus, sementara yang lain adalah plugin pembuat halaman yang telah diperluas ke ruang pembuatan tema.

Either way, Anda akan mendapatkan alat yang hebat untuk memungkinkan Anda menyesuaikan semua, atau hanya beberapa, dari tema Anda.

Mari kita menggali.

Pembuat Tema WordPress vs Pembuat Halaman

Pada titik ini, templatehunter Anda mungkin melihat istilah seperti “drag-and-drop” dan “antarmuka visual” dan berpikir, “hei, itu terdengar sangat mirip dengan plugin pembuat halaman WordPress”.

Jika itu Anda, Anda 100% benar! Pembuat halaman dan pembuat tema sangat mirip dan memiliki banyak fitur yang tumpang tindih. Mereka juga tidak saling eksklusif – plugin tunggal dapat baik pembangun halaman dan pembangun tema. Faktanya, banyak alat dalam daftar ini adalah plugin pembuat halaman WordPress yang juga menawarkan fungsionalitas pembuatan tema (biasanya dalam versi premiumnya).

Perbedaan utama antara pembuat halaman WordPress vs pembuat tema adalah ini:

  • Sebuah pembangun halaman memungkinkan Anda membuat satu-off desain kustom untuk satu bagian dari konten, misalnya, posting blog tunggal.
  • Sebuah pembangun tema memungkinkan Anda membuat template yang secara otomatis berlaku untuk beberapa / semua konten Anda. Misalnya, template yang secara otomatis berlaku untuk setiap posting blog. Segera setelah Anda mempublikasikan posting blog, secara otomatis menambahkan informasi dari editor WordPress ke poin yang telah ditentukan di template — Anda tidak perlu membuat ulang desain untuk setiap posting blog seperti yang Anda lakukan dengan pembuat halaman. Lebih lanjut tentang cara kerjanya di bagian selanjutnya.

Selain itu, segala sesuatu tentang mereka sangat mirip. Misalnya, Anda akan menggunakan antarmuka Elementor yang sama persis apakah Anda membuat desain satu kali dengan versi gratis atau membangun template tema Anda dengan Elementor Pro dan Theme Builder.

Apa yang Harus Dicari di Pembuat Tema WordPress

Sebelum masuk ke pembuat tema terbaik, saya pikir penting untuk membahas beberapa bagian terpenting dari pembuat tema karena dua alasan:

  • Ini akan membantu memfokuskan pencarian Anda.
  • Ini akan memungkinkan saya untuk mendefinisikan beberapa istilah kunci yang akan sering Anda lihat, seperti “lajang” dan “konten dinamis”.

Terminologi Penting Dijelaskan

Dalam perbandingan di bawah ini, saya akan menggunakan banyak istilah yang, jika Anda seorang pemula, mungkin terasa sedikit membingungkan/membingungkan. Saya akan melakukan ini karena pembuat tema secara inheren agak rumit karena mereka memerlukan setidaknya pemahaman dasar tentang templating WordPress dan konten khusus (bahkan jika Anda tidak harus berinteraksi langsung dengan konsep tersebut).

Jadi, daripada mencoba menjelaskan istilah-istilah ini untuk setiap alat, saya hanya akan menjelaskannya sekali di bagian ini.

Pertama, ada konsep templates , yang saya singgung saat memperkenalkan perbedaan antara pembuat halaman vs pembuat tema. Sebagian besar pembuat tema bekerja dengan membiarkan Anda mendesain template sebanyak yang Anda inginkan dan kemudian menyatukannya seperti lego. Untuk situs WordPress, ada empat jenis template “inti” yang akan Anda gunakan:

  • Header – cukup jelas.
  • Footer – cukup jelas.
  • Single – ini adalah template untuk konten “tunggal”. Itu bisa berupa posting blog individu atau halaman. Atau, jika Anda menggunakan jenis kiriman khusus, ini bisa berupa desain untuk masing-masing item dalam jenis kiriman khusus — misalnya, produk WooCommerce individual.
  • Arsip – ini adalah templat untuk halaman yang mencantumkan banyak konten. Misalnya, halaman blog Anda, halaman kategori, halaman tag, dll. Jika Anda menggunakan jenis posting khusus, ini juga bisa menjadi template yang mencantumkan semua konten dalam jenis posting khusus tertentu (misalnya, semua produk WooCommerce).

Kedua, ada konsep konten dinamis , yang berjalan seiring dengan template. Untuk membuat satu template yang, misalnya, secara otomatis berlaku untuk setiap posting blog yang Anda terbitkan, Anda memerlukan cara untuk menyisipkan konten secara dinamis dari setiap posting blog. Artinya, Anda harus bisa mengatakan: “letakkan judul dari editor di sini, letakkan daftar kategori blog di sana, tambahkan nama penulis blog di sana, dll”.

Konten dinamis memungkinkan Anda melakukannya — Anda dapat menambahkan widget yang secara otomatis menarik informasi inti WordPress, seperti judul posting.

Namun, banyak pembuat tema memungkinkan Anda melangkah lebih jauh dan juga menyisipkan konten khusus secara dinamis, seperti konten dari bidang khusus yang telah Anda tambahkan dengan plugin seperti Bidang Kustom Lanjutan (ACF). Ini adalah fitur yang sangat kuat karena memungkinkan Anda membangun situs WordPress yang benar-benar khusus tanpa perlu mengetahui kode apa pun.

Baca Juga : 8 Template WordPress Minimalis Gratis Terbaik 2021

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Pembuat Tema

Dengan menjelaskan istilah-istilah tersebut, berikut adalah rekomendasi saya untuk beberapa area utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih pembuat tema WordPress terbaik untuk kebutuhan Anda:

  • Pembuat yang mudah digunakan – semua alat ini memiliki pembuat visual, drag-and-drop, tetapi Anda mungkin lebih suka pendekatan satu sama lain.
  • Template siap pakai – untuk menghemat waktu, sebagian besar alat menyertakan template yang dapat diimpor. Anda akan ingin menelusuri ini untuk melihat apakah Anda menyukai estetika.
  • Tampilan template bersyarat – Anda ingin dapat mengontrol dengan tepat di mana/kapan menggunakan template Anda. Misalnya, mungkin Anda ingin menggunakan satu template header untuk posting blog dan yang lain untuk halaman.
  • Integrasi konten dinamis – jika Anda menggunakan plugin seperti ACF, Meta Box, Pods, atau Toolset, maka Anda harus memastikan bahwa Anda dapat dengan mudah memasukkan konten dinamis dari plugin tersebut.
  • Integrasi tema – jika Anda masih ingin menggunakan bagian dari tema yang ada, pastikan pembuat tema Anda mendukung pendekatan “bedah” ini. Tidak semua melakukannya.
    Sekarang, mari masuk ke pembuat tema WordPress terbaik.

1. Elementor Pro

Aktif di lebih dari lima juta situs WordPress, Elementor adalah plugin pembuat halaman WordPress paling populer. Dengan Elementor Pro , versi premium, Anda dapat mengambil visual, drag-and-drop Elementor builder yang sama dan menerapkannya ke seluruh tema Anda.

Anda akan dapat mendesain template untuk berbagai bagian tema Anda, seperti:

  • Tajuk
  • catatan kaki
  • Single
  • Arsip

Anda kemudian dapat menerapkan template ini secara kondisional di mana saja di situs Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan satu desain posting blog untuk semua posting blog Anda. Atau, Anda dapat membuat template unik untuk berbagai kategori, tag, penulis, dll.

Dengan Elementor Pro 3.0 (baru dirilis pada ~September 2020), Anda dapat mengelola semua template Anda dari satu antarmuka, yang sangat nyaman.

Antarmuka Elementor juga cukup cepat, mudah digunakan, dan mencakup banyak pilihan desain/gaya.

Elementor Pro juga lebih dari sekadar pembuat tema — Anda juga mendapatkan akses ke fitur premium lainnya, termasuk, terutama, pembuat popup, yang memungkinkan Anda mendesain semua jenis popup menggunakan antarmuka drag-and-drop yang sama.

Keuntungan lain adalah ada pasar yang dinamis dari add-on Elementor pihak ketiga yang dapat memperluas fungsionalitas halaman dan pembuatan temanya.

Fitur Utama

  • Pembuat visual, seret dan lepas
  • Kontrol responsif
  • Buat template tak terbatas untuk tema Anda
  • Tampilan template bersyarat
  • Kelola semua template dengan mudah dari satu antarmuka (mulai Elementor 3.0)
  • Template pra-desain untuk bagian tema yang berbeda
  • Templat situs lengkap yang dapat diimpor, yang disebut “Kit Situs”
  • Konten dinamis – widget khusus untuk konten inti WordPress dan integrasi bawaan untuk ACF, Toolset, Pods, dan Meta Box
  • Integrasi WooCommerce melalui WooCommerce Builder
  • Pembuat Popup
  • Integrasi pemasaran email bawaan
  • Bekerja dengan tema Anda yang ada (atau dapat sepenuhnya menggantikannya)
  • Harga
  • Sementara plugin pembuat halaman Elementor inti tersedia di WordPress.org, Anda memerlukan Elementor
  • Pro untuk mengakses fungsionalitas pembuatan tema.

Ada tiga rencana. Fiturnya sama di ketiga paket, tetapi setiap paket memiliki batas situs yang berbeda:

  • 1 situs – $49
  • 3 situs – $99
  • 1.000 situs ( pada dasarnya tidak terbatas* ) – $199

Semua paket datang dengan satu tahun dukungan dan pembaruan. Untuk terus menerima dukungan/pembaruan setelah tahun pertama, Anda bisa mendapatkan diskon 25%.

2. Thrive Theme Builder

Thrive Theme Builder unik dalam daftar ini karena ini adalah tema WordPress yang sebenarnya, bukan plugin seperti semua alat lainnya ini.

Sementara pembuat tema lainnya merasa seperti Anda sedang membangun desain situs web Anda dari awal, Pembuat Tema Berkembang sedikit lebih seperti tema yang sangat dapat disesuaikan. Anda akan mulai dari tema dasar Shapeshift , yang hadir dengan banyak template berbeda.

Di panduan penyiapan, Anda dapat memilih templat mana yang Anda inginkan, yang membantu Anda dengan cepat memulai dan menjalankan situs yang kohesif dengan semua elemen penting yang tercakup. Kemudian, jika Anda menginginkan lebih banyak kontrol, Anda dapat masuk dan mengedit template tersebut sepenuhnya menggunakan antarmuka visual, drag-and-drop. Atau, Anda juga bisa membuat template sendiri dari awal.

Namun, karena semuanya dimulai dari tema Shapeshift, semua situs Pembuat Tema Berkembang akan memiliki estetika yang kurang lebih sama. Ini tidak serta merta menjadi kritik, karena estetika Shapeshift benar-benar bersih dan modern. Tapi itu adalah sesuatu yang perlu diingat. Anda juga tidak akan dapat menggunakan tema yang berbeda.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa produk Thrive Themes adalah jenis ekosistem tertutup, yang berbeda dari semua plugin lainnya. Dengan Elementor, Divi, dan sebagian besar pembuat tema lainnya, ada pasar ekstensi pihak ketiga yang dinamis. Tidak demikian halnya dengan Thrive.

Sekali lagi, itu belum tentu kritik karena ini agak tergantung pada preferensi. Ini seperti debat Android vs iOS — apakah Anda menginginkan keterbukaan Android atau ekosistem iOS tertutup di mana semuanya “berfungsi”? Mengingat keduanya sangat sukses, jelas tidak ada satu jawaban yang “benar”.

Fitur Utama

  • Tema WordPress yang sebenarnya, bukan plugin seperti alat lainnya
  • Pembuat visual, seret dan lepas
  • Kontrol responsif
  • Mulai dari tema Shapeshift dasar
  • Wizard pengaturan sederhana untuk memilih template dasar
  • Kontrol penuh untuk mengedit template yang ada atau membuat template Anda sendiri
  • Buat templat tanpa batas
  • Dukungan untuk konten dinamis, termasuk bidang khusus
  • Integrasi dengan WooCommerce
  • Alat pembuatan daftar terintegrasi (dan integrasi)

Harga

Anda bisa mendapatkan akses ke Thrive Theme Builder sebagai bagian dari Thrive Suite, dengan biaya $19 per bulan (ditagih setiap tahun) untuk akses ke semua produk Thrive Themes, termasuk Thrive Leads (pembuatan daftar email – ulasan kami ), Arsitek Thrive (pembuat halaman – ulasan kami ), dan Thrive Optimize (pengujian A/B – ulasan kami ).

Thrive Suite juga memungkinkan Anda menggunakan semua plugin/tema di hingga 25 situs web pribadi. Jika Anda ingin menggunakannya di situs klien, Anda memerlukan Lisensi Agensi sebesar $49 per bulan untuk digunakan hingga 50 situs pribadi atau klien.

3. Brizy Pro

Meskipun tidak setua itu, Brizy dengan cepat berkembang untuk menarik banyak pengikut dan para pengembang secara konsisten mendorong fitur-fitur baru seperti pembuatan tema.

Salah satu hal paling unik tentang Brizy adalah editor visual, drag-and-drop. Meskipun editor visual itu sendiri tidak unik, tim Brizy telah melakukan pekerjaan yang baik untuk menjaga pengaturan sebanyak mungkin “sebaris”, yang mengurangi jumlah waktu yang harus Anda habiskan untuk bergerak bolak-balik di antara area pengaturan bilah sisi . Ini hal kecil, tapi saya pikir itu membuat pengalaman desain yang sangat halus dan cepat.

Dalam hal pengalaman editor saja, Brizy mungkin memiliki editor terbaik di daftar ini, setidaknya menurut saya. Hal-hal ini cukup subjektif, jadi Anda mungkin lebih suka alat yang berbeda.

Fitur unik lainnya adalah alat Brizy Sync terintegrasi , yang pada dasarnya seperti penyimpanan cloud untuk semua template/blok Anda. Anda dapat menyimpan template di satu situs dan kemudian dengan mudah menggunakannya kembali di situs lain, semuanya tanpa perlu mengimpor/mengekspor apa pun secara manual.

Ada juga Brizy versi non-WordPress yang disebut Brizy Cloud, yang bertindak sebagai semacam alternatif Squarespace/Wix. Anda mungkin menyukai ini, dan Anda mendapatkannya secara gratis sebagai bagian dari pembelian Anda, tetapi ini sedikit di luar cakupan posting ini.

Fitur Utama

  • Pembuat visual, seret dan lepas
  • Kontrol responsif
  • Buat templat tanpa batas
  • Tampilan template bersyarat
  • Pembuat megamenu, yang merupakan fitur unik lainnya
  • Konten dinamis, termasuk integrasi untuk ACF, Toolset, Pods, dan Meta Box
  • Integrasi WooCommerce
  • Integrasi pemasaran email bawaan
  • Pembuat pop-up
  • Layanan Brizy Cloud Terintegrasi

Harga

Meskipun ada versi gratis Brizy di WordPress.org, Anda memerlukan Brizy Pro untuk mengakses fitur pembuatan tema.

Di sini, ada tiga rencana:

  • Pribadi – $49 untuk penggunaan hingga 3 situs dan satu tahun dukungan/pembaruan.
  • Studio – $99 untuk digunakan di situs tak terbatas dan satu tahun dukungan/pembaruan.
  • Seumur hidup – $299 untuk digunakan di situs tak terbatas dan dukungan/pembaruan seumur hidup. Ini adalah kesepakatan waktu terbatas .

Manakah Pembuat Tema WordPress Terbaik?

Sekarang untuk pertanyaan penting, yang merupakan pembuat tema WordPress terbaik secara keseluruhan?

Yah, saya pikir banyak dari itu tergantung pada kebutuhan fitur pribadi Anda, tingkat pengetahuan, dan anggaran, jadi saya tidak dapat membuat satu rekomendasi untuk semua situasi. Semua alat ini memiliki pro dan kontranya sendiri, dan semuanya adalah alat berkualitas dengan haknya masing-masing (itulah sebabnya mereka ada dalam daftar).

Namun, mengingat bahwa saya telah menggunakan semua alat ini pada saat ini, saya akan memilih tiga pembuat tema WordPress ini untuk situasi yang berbeda.

Pembuat Tema Terbaik Secara Keseluruhan untuk “Kebanyakan” Orang

Pertama, saya akan mengatakan pembuat tema keseluruhan terbaik untuk kebanyakan orang adalah Elementor Pro . Saya hanya tidak berpikir ada alat lain yang cocok dengan set fiturnya. Anda mendapatkan banyak widget, banyak opsi gaya, dan alat berguna lainnya seperti pembuat popup. Ini juga masih cukup mudah digunakan oleh pemula dan, karena sangat populer, sangat mudah untuk menemukan bantuan. Ada banyak sekali video YouTube dan grup Facebook Elementor Community memiliki lebih dari 75.000 anggota yang dengan senang hati membantu jika Anda mengalami masalah.

Pada dasarnya, jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, Anda tidak akan salah memilih Elementor Pro karena ini tepat untuk keseimbangan fitur, kemudahan penggunaan, dan harga.

Baca Juga : 12 Template Joomla Terbaik buat Anda

Pembuat Tema Terbaik untuk Pengguna Tingkat Lanjut atau Situs Konten Khusus

Di sisi lain, jika Anda pengguna yang lebih mahir (atau pengembang), Anda mungkin lebih suka Oxygen . Meskipun saya tidak berpikir Oxygen adalah alat yang paling ramah pemula dalam daftar ini, ia memiliki banyak manfaat — terutama, kebersihan kode. Jika Anda adalah tipe orang yang mengeluh tentang kualitas kode di pembuat halaman lain, Oxygen jelas merupakan alat terbaik untuk Anda.

Saya juga secara umum akan mengatakan bahwa Oxygen unggul dalam hal membangun situs konten khusus (dengan data dinamis dari bidang khusus) karena fitur-fiturnya seperti repeater, loop, logika kondisional, dan banyak lagi. Sementara semua alat ini memungkinkan Anda bekerja dengan konten khusus, Oxygen bekerja paling jauh.

Pembuat Tema Terbaik untuk Pemula

Terakhir, jika Anda seorang pemula, Thrive Theme Builder mungkin merupakan pilihan terbaik untuk Anda karena pendekatannya. Tidak seperti semua alat lain yang merupakan plugin, Thrive Theme Builder adalah tema yang sebenarnya (jenis Divi juga, tetapi berbeda). Ini, bersama dengan pendekatan templatnya, membuatnya sangat mudah untuk bangun dan berjalan dengan situs yang kohesif.

Namun, kelemahan dari pendekatan tema ini adalah Anda kehilangan banyak fleksibilitas alat lain. Jadi — bagus untuk pemula, tetapi bukan pilihan terbaik untuk orang yang menginginkan fleksibilitas 100%.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang memilih pembuat tema WordPress terbaik untuk kebutuhan Anda? Tanyakan di komentar!