Cara Membuat Kode Aplikasi Menggunakan Template

recipe app

Cara Membuat Kode Aplikasi Menggunakan Template – Aplikasi mahal, dan bahkan sulit untuk menemukan pengembang yang memenuhi syarat. Di sinilah template aplikasi seluler dapat membantu. Template dapat mengurangi biaya pengembangan aplikasi dan membantu membawa aplikasi ke pasar secepat mungkin.

Menggunakan template dapat memberikan pustaka kode awal tempat Anda dapat membuat atau menyesuaikan kode agar sesuai dengan identitas merek Anda. Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat aplikasi resep Android menggunakan template aplikasi.

Aplikasi Apa Yang Akan Dibuat ?

Sebagai contohnya templatehunter akan menggunakan template Cookbook untuk membuat aplikasi resep Android Anda.

recipe app

Cookbook adalah template aplikasi Android asli dengan desain dan animasi yang indah. Cookbook menyimpan data secara lokal dalam database SQLite; oleh karena itu, Anda dapat menjalankan aplikasi tanpa koneksi internet. Ini adalah template yang ideal untuk menulis aplikasi resep Android dengan mudah.

Fitur

  • Analisis melalui Firebase
  • Desain cantik dan responsif
  • Delapan tema desain material untuk dipilih
  • Desain khusus agar sesuai dengan merek Anda
  • Gambar cache untuk kinerja yang lebih baik

Cara Mengatur Android Studio

Android Studio adalah IDE resmi Google untuk mengembangkan aplikasi Android. Ini memiliki editor kode dan alat pengembang yang kuat. Android Studio cocok untuk semua sistem operasi utama, dan versi terbaru tersedia dari situs web pengembang Android. Berikut ini adalah persyaratan sistem untuk setiap sistem operasi.

Unduh Android Studio dari beranda resmi. Halaman ini akan secara otomatis mendeteksi sistem operasi Anda dan memberi Anda file yang benar untuk diunduh. Bergantung pada sistem operasi Anda, setelah meluncurkan penginstal, ini akan memandu Anda melalui setiap langkah, termasuk paket perangkat lunak yang disarankan. Pelajari cara menginstal dan menyiapkan Android Studio dengan tutorial langkah demi langkah kami.

Baca Juga : 15 Template Game iOS Terbaik

Sekarang setelah Android Studio terinstal, Anda bisa mendapatkan template dari CodeCanyon. Beli plug-in dari halaman produk.

Setelah membeli plugin, Anda akan mendapatkan tautan ke file yang dapat diunduh. Selain itu, Anda juga dapat menemukannya dan item yang dibeli lainnya di bagian unduhan akun Anda. Setelah mengunduh file, ekstrak ke lokasi pilihan Anda.

Luncurkan Android Studio dan klik File> New> Import Project dari toolbar. Jelajahi lokasi tempat Anda mengekstrak file dan pilih file Gradle proyek. Tunggu beberapa menit hingga Android Studio menyelesaikan sinkronisasi file Gradle.

Berikut ini adalah struktur aplikasi Cookbook.

project-structure

Konfigurasi Dan Kustomisasi

Berikut beberapa aspek yang dapat Anda sesuaikan:

  • Nama dan ID aplikasi
  • Tema warna
  • Resep dan gambar
  • Perpesanan dan analisis Firebase

ID Nomor Dan Nama Aplikasi

Setiap aplikasi Android memiliki ID aplikasi unik, yang dapat mengidentifikasi aplikasi Anda di perangkat dan di Google Play Store. Buka skrip build utama mobile / build.gradle dan ubah nilai applicationId dari com.robotemplates.cookbook ke ID aplikasi Anda sendiri.

Untuk mengubah nama Template Aplikasi, buka mobile /src/main/res/values/strings.xml dan ganti nama nilai di Cookbook ke nama pilihan Anda.

Template Cookbook hadir dengan delapan tema warna. Jika Anda ingin mengubah tema warna aplikasi, silakan masuk ke mobile / src / main / AndoidManifest.xml.

Siapkan Database Dan Gambar

Data yang digunakan dalam aplikasi disimpan dalam database SQLite lokal. Basis data yang diisi sebelumnya dengan resep disimpan di mobile/src/main/assets/cookbook.db. Saat aplikasi dijalankan untuk pertama kali dan database diperbarui, database juga akan otomatis disalin ke penyimpanan perangkat.

Untuk mengedit database, kita akan menggunakan SQLiteStudio, yang merupakan alat yang kuat namun ringan untuk membuat, mengedit, dan menjelajahi database SQLite. Anda dapat mengunduh SQLiteStudio di sini.

Setelah menginstal SQLiteStudio, muat file cookbook.db dan tambahkan resep Anda sendiri.

Siapkan Firebase Cloud Messaging And Analysis

Firebase Cloud Messaging adalah solusi cloud lintas platform yang memungkinkan Anda mengirim pesan dan notifikasi untuk aplikasi Android, iOS, dan web

Baca Juga : 12 Template Aplikasi Foto Android Terbaik

Masuk ke Firebase dengan akun Google Anda. Arahkan ke bagian “Buat Proyek” dan buat proyek Firebase untuk dihubungkan ke aplikasi Android Anda. Setelah membuat proyek, itu harus memiliki yang berikut:

Klik pada opsi ikon Android dan Anda akan dibawa ke halaman berikutnya.

  • Masukkan nama paket (ID aplikasi) aplikasi Anda di Android package name.
  • Masukkan informasi aplikasi lain, seperti App nickname dan sertifikat tanda tangan Debug signing certificate SHA-1.
  • Klik tombol Register App.
  • Unduh file google-services.json dan pindahkan ke direktori root modul aplikasi Android Anda.

Sekarang, tambahkan Firebase SDK ke file build.gradle project.

Sinkronkan file Gradle, Anda dapat menulis dan mengirim notifikasi push di Firebase Console.

Untuk menjalankan aplikasi, pertama-tama hubungkan perangkat ke komputer dengan kabel USB dan pastikan bahwa opsi debugging USB diaktifkan. Di toolbar Android Studio, pilih perangkat tempat Anda ingin menjalankan aplikasi dari menu drop-down perangkat target.

Baca Juga : Hal Penting Tentang Progresif Web Aplikasi

Sekarang klik Run. Android Studio akan menginstal aplikasi resep Anda pada perangkat yang terhubung dan kemudian meluncurkannya.

Aplikasi terakhir terlihat seperti ini :

Kesimpulannya

Pengembangan aplikasi telah menjadi usaha yang mahal, tetapi Anda tidak perlu melakukan ini. Sebagai bisnis, masuk akal untuk menggunakan templat untuk fungsi umum tertentu dari aplikasi (seperti pendaftaran, masuk, setel ulang kata sandi, dan bahkan seluruh UI). Template memungkinkan Anda menghemat biaya dan mempercepat proses pengembangan. CodeCanyon menyediakan ratusan templat di setiap kategori, memungkinkan Anda untuk fokus hanya pada fitur unik aplikasi.

Tags: